Assalamualaikum Wr. Wb
Biografi KH M.
Munawwir Musthofa Al- Mursyid
(Mbah Yai Munawwir Musthofa Al-Mursyid)
Tegalarum-Pelem- Kertosono - Nganjuk- Jawa Timur
A. Latar belakang
Seringkali
banyak ulama’/ kyai yang tidak masyhur di kalangan umum dan kurang di ketahui
bahkan kadang tidak diketahui oleh masyarakat umum. padahal mereka sebenarnya
ulama’ alimin dan mengikuti jejak para Salafussholihin,
karena kekhumulan(tidak mau terkenal) dan kemasturan (tertutup)
yang menjadikan mereka jarang / tidak di kenal oleh masyarakat umum, termasuk
beliau yang di sebutkan dalam sejarah pendiri Pondok Krapyak Yogyakarta dengan
sebutan KH Nor / Munawwir Tegalarum Kertosono.
Oleh
karena itu di sini kami akan sedikit menyusun dan menulis biografi beliau (KH.Munawwir
Tegalarum Kertosono) sebatas yang kami ketahui melalui narasumber dan informasi yang begitu minim, sehingga hasil Biografi
inipun masih banyak kekurangan. kami berharap dengan sedikit tulisan kami ini, kita semua bisa
mengenal bahkan lebih mengenal beliau secara lebih dekat.
B. Kelahiran Dan Nasab Serta Keluarga beliau KH Munawwir Musthofa
Al-Mursyid Tegalarum Kertosono Nganjuk
Beliau
di lahirkan sekitar pada tahun 1911 M, dikarenakan dahulu belum seperti
sekarang yang serba canggih dan sistematis. Jadi lahir beliau hanya
diperkirakan, itupun hari, tanggal dan
bulannya tidak diketahui secara pasti. Beliau dilahirkan dikalangan keluarga
agamis bahkan sangat religius di karenakan beliau adalah putra KH Imam Musthofa
Al-Mursyid dengan Nyai Mu’inah Binti KH
Minhaj Al-Mursyid (w 1914 M) yang mana
KH Imam Musthofa adalah seorang ulama’ yang ‘alim
allamah yang ‘amil dan sholih
dan juga pendiri pondok Al–Musthofa Tegalarum, Pelem, Kertosono
yang juga termasuk Mursyid Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah dan jika di
runtut, beliau (KH Munawwir) masih keturunan Kyai
Ageng M. Besari Tegalsari Ponorogo, kalau diruntut
terus sampai Rosulullah S A W, beliau termasuk urutan ke- 33 dari Rosulullah SAW.
dengan urutan sebagai berikut: KH Munawwir bin KH Imam Musthofa bin Kyai
Zakariya Bin Kyai Askirom bin Kyai Kholifah bin Kyai Ageng
M.Besari Tegalsari Ponorogo bin Kyai Ageng Anom Besari(
Raja
Neda kusuma/KyaiAgeng Grabahan) bin Syekh Abdullah Mursyad Setono Landehan Kediri bin Sayyid Zainal Arifin (Kyai Ageng Jenggolo
Kediri) bin Sayyid Ahmad (Syekh Dinar Kediri) bin Sayyid Musthofa bin Sayyid
Ali bin Sayyid Jamaluddin Husein Al Akbar bin Sayyid Ahmad Syah Jalal bin
Sayyid Abdullah Khon bin Sayyid Amir Abdul Malik
bin Sayyid Alawi bin Sayyid Muhammad Shohib Mirbat bin Sayyid Kholi’ Qosam bin
Sayyid Alawi Muhammad bin Sayyid Muhammad bin Sayyid Alawi bin Sayyid
Ubaidillah bin Sayyid Ahmad Al Muhajir Ilallaah bin Sayyid Isa Arrumi bin
Sayyid Muhammad An Naqib bin Sayyid Ali Al Uraidi bin Sayyid Ja’far Shodiq bin
Sayyid Muhammad Al Baqir bin Sayyid Ali Zainal Abidin bin Sayyid Husein bin Ali
bin Sayyidah Fatimah Azzahro’ binti Rosulullah Muhammad S a w.
Sedangkan
dari jalur ibu adalah: KH Munawwir bin Nyai
Mu’inah binti KH Minhaj Kebonsari Tugu Trenggalek
seorang Mursyid Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah. Bagi Beliau semua Lahumul Faatihah.........,
KH Munawwir adalah putra ke-4 dari KH Imam Musthofa dengan istri pertama yaitu Nyai
Mu’inah binti KH. Minhaj, perlu diketahui bahwasanya KH.Imam Musthofa selain
beristrikan Nyai Mu’inah beliau juga mempunyai 3 istri yaitu Nyai Adzilah, Nyai
Ukasah, Nyai Legiyem, oleh karena itu keluarga KH Munawwir adalah termasuk
keluarga besar dan agamis,yang mana mereka menyebar ke belahan kota di Jawa
Timur sebagian Jawa Tengah dan Jawa Barat diantaranya di Madiun, Banyuwangi, Jember,
Wonogiri, Blitar, Jombang , Nganjuk, Tulungagung, Mojokerto, Jakarta, Sidoarjo,
Kediri, Ngawi, dan lain-lain yang kesemuanya rata-rata dan sebagian besar
mempunyai Pondok Pesantren.
C. Masa Pendidikan
KH Munawwir Musthofa
Dikarenakan keterbatasan informasi.
Maka tidak di ketahui secara pasti kapan beliau mulai mondok dan mencari ilmu,
menurut informasi yang kami dapat, beliau mulai pendidikan agama dari ayah
beliau sendiri yaitu KH Imam Musthofa Al-Mursyid (w 1930 M) dan juga kepada
kakak ipar beliau yaitu KH Amnan Al-Mursyid (w 1948 M) Pondok Al-Amnaniah Talok, Ngawi dan juga KH Romli Tamim Al-Mursyid (1888
-1958 M ) Pondok Darul Ulum Rejoso jombang dan juga kepada KH R Izzuddin
Al-Mursyid (w 1979 M) Pondok Al-Mujadadiah Taman Kota Madiun dan juga kepada KH R
Munawwir Al-Hafidz (1872 -1942 M) Pondok Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta, bahkan
beliau meghafalkan Al-Qur’an di hadapan KH R Munawwir Krapyak.
Kepada beliau semua Lahumul Faatihah...
D. Bai’at beliau dan menjadi Mursyid Thoriqoh
Naqsyabandiyah Kholidiah dan Thoriqoh Qodiriyah Wan-Naqsyabandiah
Beliau dibai’at
Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah dan Qodiriyah Wan-Naqsyabandiyah kepada ayah
beliau sendiri, belum sampai khatam ayah beliau ( KH Imam Musthofa) wafat, lalu
tarbiah diteruskan sampai khatam oleh kakak ipar beliau KH Amnan Talok Ngawi,
dan beliau juga bai’at Thoriqoh Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah kepada K H R Izzuddin Taman Kota
Madiun sekaligus dikukuhkan juga oleh KH R
Izzuddin Taman Kota Madiun, dan juga beliau
belajar Thoriqoh kepada KH Romli Tamin Rejoso Jombang, beliau belajar dan
ba’iat Thoriqoh tersebut sampai beliau menjadi mursyid yang Masyhur dan ‘Alim
dan Wara’, sehingga banyak kyai atau ulama yang menjadi murid dan bai’at
Thoriqoh kepada beliau.
E. Membina keluarga
(Pernikahan KH Munawwir dan Nyai Siti Aminah Binti Kyai Ghozali)
Pernikahan
beliau berlangsung setelah beliau mondok di Krapyak, dan pernikahan beliau
berlangsung seminggu setelah ayah beliau (KH Imam Musthofa) wafat. Kemudian,
setelah pernikahan beliau jarak satu minggu kakak beliau yaitu Kyai Marzuki
juga wafat dalam keadaan masih bujang. Diperkirakan pernikahan beliau pada
tahun 1930-an, karena wafat KH Imam Musthofa pada tahun 1930 M.
Beliau menikah
dengan seorang gadis yang bernama Siti Aminah Binti Kyai Ghozali dari Sukonilo,
Patianrowo, Nganjuk, mulailah beliau mengarungi
bahtera rumah tangga bersama Nyai Siti Aminah di Sukonilo
Patianrowo Nganjuk, dan diperkirakan beliau pulang ke Tegalarum beserta
keluarga dan menetap di Tegalarum sampai beliau wafat adalah pada tahun 1949 M,
dan beliau mukim beserta keluarga di Ndalem yang ditempati KH Imam Musthofa
yang sekarang ditempati Nyai Munawwaroh
sekeluarga.
F. Haliyah dan Akhlaq beliau
Mulai kecil
beliau termasuk tidak sama dengan teman-teman sebayanya (Khowariqul ‘Adat),
tulisan beliau jelek tapi bisa dibaca, beliau juga sangat hebat
Shilaturrohimnya, dan selalu menjaga sholat dengan berjamaah, beliau adalah
seorang yang tawadhu’ ,sabar, pemurah
serta entengan, terbukti menurut penuturan KH Imam Hambali (Putra KH
Munawwir)”selama KH Imam Hambali 60 tahun bersama KH Munawwir, marah hanya
sekali ketika dua kakak KH Imam Hambali bertengkar
sewaktu kecil, sehingga KH Munawwir menyuruh akur lagi. KH Munawwir adalah
sosok yang sederhana, tercermin dalam pengalaman yang dialami Kyai Muhsin
(menantu beliau) yang pernah didawuhi “kalau mengadakan acara 1 atau 2 taker
yang penting miliknya sendiri”, juga menurut Kyai Muhsin “kalau Haul atau
Selasa Pahing para Santri diperintahkan ke Tegalarum dengan mengajak para
ikhwannya (temannya)”, termasuk haliyah
beliau, beliau ketika Agresi Militer Belanda 1948 M, beliau ikut
berperang dan terluka tidak ringan seperti halnya orang pada umumnya meskipun sebenarnya
beliau bukan orang biasa. Beliau KH Munawwir adalah sosok pribadi yang
hati-hati dalam masalah tuntunan syara’, sabar murah senyum, tercermin
diantaranya selalu mandi dulu ketika akan melaksanakan sholat jama’ah, beliau juga terkenal dengan do’anya yang mustajabah meskipun terkadang do’anya hanya sederhana malah yang sering hanya bacaan Surat Al Fatihah dan
do’a jawa,
Beliau
juga selalu berpenampilan yang praktis ketika menghadiri suatu acara maupun dalam
kesehariannya. Pernah dalam acara Mu’tamar Thoriqoh, beliau hadir dengan
memakai surban dan bercelana panjang tidak memakai jubah, juga beliau selalu
mempraktekkan Akhlaq Tasawuf dalam sendi kehidupan beliau, termasuk
mempraktekkan Khumul (tidak mau terkenal) sebagai contohnya ketika menghadiri
acara besar / mu’tamar / lainnya, beliau memilih tempat dibelakang meskipun
sebenarnya beliau adalah seorang Mursyid Agung, beliau juga Hafidz Al-Quran
tapi yang ditonjolkan adalah Tasawufnya, beliau menerapkan dan menekankan Fiqh
Bathin (Dzikir), beliau aktif dalam kegiatan Thoriqoh dan masuk dalam pegurusan
pusat Thoriqoh Mu’tabaroh. selain itu, beliau juga tidak ikut dalam ranah
politik / ParPol meskipun tidak semua
politik itu tidak dibenarkan.
G. Sebagian Dari
Murid Mbah Yai Munawwir dan atau yang Bai’at Thoriqoh Kepada Beliau
1.
KH. Bahruddin kalam
(w 1989 M) Pengasuh Pondok Daruttaqwa Pasuruan
2.
KH. Hasyim
Pengasuh Pondok Al-Istiqomah Dlanggu
Mojokerto
3.
KH. A.Shodiq
Pengasuh Pondok Al-Munawwir Pandansari
Tulungagung
4.
KH. Sholih
Bahruddin Pengasuh Pondok Ngalah Purwosari Pasuruan
5.
KH. Jamaludin Pengasuh
Pondok Al-Munawwir Sumberpandan Bangsal
Mojokerto
6.
KH. Askirom bin
Amnan Ngawi
7.
KH. Amanu Jember
8.
KH.
Masduqi-Trenggalek
9.
KH.
Makinuddin-Banyuwangi
10.
KH. Muslim-BeJi
Tulungagung
11.
KH.
Dimyati(alm)-Gayaman Mojokerto
12.
KH. Abdul
Majid-Porong Sidoarjo
13.
KH. Rifa’i
Brangkal-Mojokerto
14.
KH. Qomari
Pengasuh Pondok Al-Qomar Patianrowo Nganjuk
15.
KH.
Sholih-Glatik mojokerto
16.
KH.
Mashudi-peterongan Mojokerto
17.
KH. Khotib-Ngawi
18.
KH. Ma’sum-Ngawi
19.
KH.
Shoheh-Nganjuk
20.
KH.
Aliman-Nganjuk
21.
KH.
Rohmat-Nganjuk
22.
KH.
Mashudi-jember
23.
KH. Usman-Jember
24.
KH. Nur
ali-Jember
25.
KH. Abu
qorib-Temanggung jateng
26.
KH. Nur
Kholis-Kendal jateng
27.
KH. Syahid-pati
jateng
28.
KH.
Rosyidin-sukorejo Kendal jateng
29.
KH.
Musthofa-Jakarta
30.
KH. Toha-(luar
jawa)
31.
KH. Ilham-(luar
jawa)
32.
KH.
Musthofa(alm)-(luar jawa)
33.
KH. Muslim-( luar
jawa)
34.
KH. Iman
Muayyad-(luar jawa)
35.
KH.
Syahid(alm)-(luar jawa)
36.
KH. Ihya’-jember
37.
KH.
Abdurrohman_jember
38.
KH. Imam Syafi’I Munawwir (Putra KH. Munawwir)
39.
KH. Abdullah Hanafi Munawwir (Putra KH. Munawwir)
40.
KH. Abdul Malik Munawwir (Putra KH. Munawwir)
41.
KH. Imam Hambali
Munawwir(Putra KH Munawwir)
42.
KH. Fathulloh Munawwir(Putra KH Munawwir)
43.
Gus Hasyim
Hambali(Cucu KH Munawwir dan Pengasuh Pondok Munzalan Mubarokan Wonogiri Jawa Tengah)
44.
Gus A.Abdul
Haq(Cucu KH Munawwir)
45.
Kyai Daroji
kerjo karangan Trenggalek
46.
Gus Zuhal Ma’ruf
(cucu KH Munawwir)
47.
Gus Mu’adz
Pengasuh Pondok Kedungbengkah kedungsuko
sukomoro nganjuk
48.
KH. Nur Musthofa Pengasuh Pondok Ngasor Gumukmas Jember
49.
KH. Mubasyir
Mundir /Mbah Mundir (1919-1989 M) Pendiri Pondok Ma’unah
Sari Bandar kidul Kediri, meskipun hanya sebentar,bekas kamar beliaupun
diabadikan hingga sekarang tepatnya di depan masjid Al-Musthofa
bagian utara
H. Hubungan KH Munawwir Musthofa dengan Mbah Yai
Ali Shodiq Umman pondok Ngunut
1.
Hubungan mereka sebenarnya sangat erat terbukti dengan KH Munawwir
pernah rawoh ke Ndalem Mbah Yai Ali Shodiq Umman
2. Putra KH Munawwir yang ke 4
yaitu KH Imam Hambali Munawwir pernah mengaji kepada Mbah yai Ali Shodiq Umman
ketika Mbah Yai Ali Shodiq masih di Mbaran Maesan Kediri
3. Cucu KH Munawwir:Nyai Imroatussolihah
menikah dengan KH Fathurrohman Pondok Panggung yaitu kakak
dari Abah KH Fathurro’uf salah satu Pengasuh Pondok
Ngunut serkarang
4. Ketika Mbah yai Ali Shodiq wafat pada tahun 1999 M para kyai dan hadirin
yang hadir dalam wafatnya Mbah Yai Ali Shodiq tidak ada yang berani mentalqin
Mbah Yai Ali Shodiq ,akhirnya KH Munawwir lah yang mentalqin Mbah yai Ali
Shodiq
5. Abah KH
Fathurro’uf (menantu Mbah Yai Ali Shodiq dan juga salah satu pengasuh
pondok ngunut sekarang) adalah masih terhitung keluarga dengan KH Munawwir
dengan perincian sebagai berikut: Mbah Yai
Minhaj (w 1914 M )Kebonsari (kakek dari KH Munawwir) menikah dengan Mbah Nyai
Mu’idah (w 1922 M) mempunyai anak 10 putra dan putri
Ø Mbah
Mu’inah Tegalarum istri dari Mbah Yai Imam Musthofa Tegalarum sekaligus ibu
KH Munawwir Musthofa
Ø Mbah
Ruminah kedunglurah trenggalek istri dari Mbah yai Abdullah Umar (Pondok
At-Taqwa Kedung Lurah Trenggalek) - Mbah Munijah+Mbah yai Abdurrahman (Pondok
Nglempung Bandung Tulungagung)- KH Syafi’I Abdurrahman (Pondok Panggung
Tulungagung) - Abah KH.Fathurro’uf Syafi’i
Ø Mbah
Leginem Ngelo
Ø Mbah
Supinah Ngelo
Ø Mbah
Badruddin Kebonsari
Ø Mbah
Samsudin Kebonsari
Ø Mbah
Maimunah Kerjo Karangan
Ø Mbah
Marfuatun Widoro Gandusari
Ø Mbah
Fatimah Longsor Karangan
Ø Mbah
Marhamah Kalipinggir Gondang
I.
Perkembangan
Pondok Pesantren Al-Musthofa Tegalarum
Kemungkinan
besar Pondok Pesantren Al-Musthofa didirikan pada tahun1901M,
dikarenakan diatas Mihrab Masjid Al-Musthofa bertuliskan tahun 1901M,dikarenakan berdirinya Pondok Pesantren ditandai dengan berdirinya Masjid
lebih dahulu, oleh karena itu berdirinya Pondok Pesantren Al-Musthofa
kemungkinan bersamaan dengan berdirinya Masjid Al-
Musthofa yaitu 1901M yang didirikan oleh Mbah Yai Imam Musthofa Al-Mursyid
(wafat 1930 M), tidak diketahui dengan jelas kapan tanggal dan tahun lahirnya
Mbah Yai Imam Musthofa kemungkinan
seangkatan dengan Mbah Yai Hasyim Asyari Tebuireng / Mbah Yai Abdul Karim
Lirboyo, Setelah Membangun Masjid Al-Musthofa Mbah yai Imam Musthofa pun Membangun
Pondok dan bangunan – bangunan penunjang lainnya kemudian datanglah para santri
untuk belajar kepada beliau serta suluk dihadapan beliau, setelah sekian tahun
(1901-1930 M) 29 tahun lamanya beliau
mengabdikan diri kepada Allah melalui Pondok
Al-Musthofa akhirnya beliau wafat dengan Husnul
Khotimah pada tahun 1930 M, Kepada
beliau Lahul Faatihah.. Selanjutnya
Pondok Al-Musthofa diteruskan kepengasuhannya dan kemursyidannya oleh putra
ke-4 dan Kholifah Beliau yaitu KH.Munawwir Al-Mursyid, meski sebenarnya
KH.Munawwir masih hidup berkeluarga dengan mertua beliau di
Sukonilo Patianrowo.
Mbah yai Munawwir resmi pindah Ke Tegalarum 1949 M dikarenakan
keterbatasan informasi dan sumber kami belum mengetahui Bagaimana keadaan
pondok Al-Musthofa antara tahun 1930-1949 M sebelum kepulangan Mbah Yai Munawwir
ke Tegalarum, singkat cerita setelah KH Munawwir pulang dan menetap di
Tegalarum santri semakin banyak juga orang suluk juga semakin banyak ditambah
lagi pada akhir tahun 60an
sampai akhir 90an dibantu oleh putra pertama Beliau yang ahli di bidang
Syari’at yaitu KH. Imam Syafi’i Munawwir,
Pondok Al-musthofa semakin disegani dan banyak kyai / ulama yang nyantri dan bai’at Thoriqoh di pondok Al- Musthofa,
meskipun sebenarnya KH. Munawwir sendiri juga
ahli syari’at tapi, yang ditonjolkan adalah kesufiannya/ tasawufnya. Jadi, KH. Munawwir
mengurus thoriqohnya sedangkan KH. Imam Syafi’I (w 1998 M) mengurus syariat
dhohirnya sebuah kesatuan yg luar biasa, meskipun tidak menafikan putra-putra
KH. Munawwir yg lain karena putra-putra dan
menantu beliau juga bersama-sama berkhidmah di pondok Al-,Musthofa Tegalarum. Sampai-sampai KH. Imam syafi’i
memperuntukan khusus santri putri dengan membangun musholla di depan Ndalem
dan gota’an dengan nama pondok Sumur Kuning Tegal Arum letaknya sebelah timur
Masjid Al- musthofa.
Tahun silih
berganti akhirnya KH. Imam syafi’i wafat terlebih dahulu pada tahun 1998 M yang
didahului oleh ibu beliau ( istri KH. Munawwir ) yaitu Mbah
Nyai Siti Aminah yang wafat tahun 1995 M
dan diteruskan wafatnya menantu beliau yaitu KH Khamzani yang wafat tahun 1999
M yang diteruskan 2 tahun selanjutnya, disusul
wafatnya Almarhum KH. Munawwir
tepat pada tahun 2001 M yang berdampak kurang baik bagi Pondok Al-Musthofa bertepatan
dengan Milad pondok Al-Musthofa ke 100 tahun pondok Al-Musthofa
(1901-2001 M), yang selanjutnya kepengasuhan dan kemursyidan
pondok Al-musthofa diteruskan oleh putra beliau yang ke 4 yaitu KH. Imam Hambali
Munawwir Al-mursyid (L 1943 M) sampai
sekarang renofasi bangunan-bangunan yang sudah Rapuh dan rusak semakin
ditingkatkan, juga perbaikan masjid , maqbaroh dan lokal-lokal pondok, jadi
dapat disimpulkan kemursyidan dan kepengasuhan pondok Al-musthofa dari tahun
1901-2014 M adalah:
1.
Almukarrom Romo
KH.Imam Musthofa Al-Mursyid (1901-1930 M)
2.
Almukarrom Romo
KH. Munawwir Musthofa Al-Mursyid (1930-2001 M)
3.
Almukarrom Romo KH.
Imam Hambali Munawir Al-Mursyid (2001 M - sekarang)
Meskipun dari
bentuk fisik pondok Al-Musthofa seperti itu . tidak terlalu
besar dan ramai, kira-kira kurang lebih 100 pondok yang pengasuhnya adalah
alumni pondok Al-Musthofa , meskipun pondok Al-Musthofa
lebih tahasus di bidang thoriqoh, adab dan tasawuf sampai sekarang pun
Alhamdulillah masih ada santri yang mondok meskipun tidak banyak , malah ada
yang sudah 7 tahun belum pernah pulang sampai sekarang,yaitu santri asal Kendal
Jawa Tengah
J.
Uswah dan wasiat
KH. Munawwir Musthofa
Beliau sangatlah berhati-hati dalam hal
sekecil apapun contoh sampai-sampai beliau membuat pengumuman di
samping pintu menuju ruang utama masjid Al-Musthofa yang bunyinya: (pengumuman dan wasiat di bawah ini
sebenarnya berbahasa jawa pegon )
»
I’lan
1.
Muridku kabeh
keluputanku , bojoku , lan anak-anakku nagapuronen
2.
Rupo panganan
utowo duwet engkang
kulo pangan sakkeluargaku aku nyuwun halale
Hadrotussyekh
Munawwir Musthofa
Pengumuman
tersebut selain menunjukan kewara’an beliau juga menunjukan perhatian dan kasih
sayang kepada santri-santrinya .Beliau juga sangatlah open dan perhatian
kepada keluarga dan cucu –cucu beliau terbukti dari wasiat beliau yang
berbunyi :
Wasiate Bapak Kyai Haji Munawwir lan Ibu Nyai Munawwir marang
anak-anak putu kabeh
Tugas : 1 Anak putu kabeh kudu nglakoni Sholat
2.Anak kudu kudu tansah
ngelakoni perentahe Allah lan Rosulullah
3.Anak putu kudu rukun karo
dulur – dulur kabeh
4.Anak putu sak biso-biso kudu
ngelakoni Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah
5.Anak Putu kudu nyebarne
agamane Allah / Islam sakkongange
Larangan
: 1.Anak putu senajan seneng ilmu umum ora keno
ngalahne ilmu Agamone/islam
2.Anak putu ojo sampek lali karo leluhur –
leluhur seng wes mati / do’ae lan
Fatehae
3.anak putu ojo sampek tukaran
kerono dunyo
4.Anak putu ojo sampek metu
soko aliran Ahlusunnah Waljama’ah
Tegal arum
malem seloso pahing tanggal 29 Syawal
1403H
9 Agustus 1983M
Haji Munawwir
Aku meling
marang anak anakku kabeh
1.Sak
wayah – wayah aku dipesti marang Allah disek ,embokmu ojo kasi di tokne /dileh
songko omah kene
2.Bekakas
omah kabeh wes takkekne embokmu ,sakliyane te’e Munawwaroh
3.Sawah
bokor lan sukonilo Aku ora melu duwe , wes takkekne embokmu kabeh
(Tambahan iki khusus songko bapakmu )
(Haji
Munawwir Musthofa)
K.
Thoriqoh KH
Munawwir Musthofa
KH.Munawwir sangatlah
mumpuni dalam bidang Thoriqoh sampai – sampai
beliau menjadi Mursyid yang masyhur lantaran
beliau telaten, sabar , tidak kaku , luwes , lebih-lebih khususnya dalam bidang
Thoriqoh. Selain itu, beliau juga istiqomah dalam melaksanakan tuntunan agama
lebih- lebih Sholat berjamaah meskipun beliau sudah menginjak usia sepuhpun
beliau tetap istiqomah dalam melaksanakan tuntunan agama dan mendidik para
murid – murid, sampai –sampai beliau ketika setiap hendak jamaah maktubah
beliau mandi dulu meskipun cuaca dingin kemudian minta di
antar melalui kursi rodanya menuju masjid untuk Sholat berjamaah dengan para
santri dan keluarga . Untuk yang di ajarkan KH.Munawwir kepada santri – santri
beliau lebih mengutamakan praktek dalam keseharian juga adab daripada teoritis
lebih-lebih pada Thoriqoh yang penuh dengan Riyadhoh , aurod
dan adab dzohiron wabatinan sedangkan untuk Thoriqoh sebenarnya beliau
mempunyai / mengamalkan beberapa Thoriqoh akan tetapi yang terkenal adalah
:Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah dan Qodiriyah Wan-Naqsabandiyah dan pernah
beliau mendapat suatu syarat untuk menyatukan 2 kabel besar dan kenyataannya
beliau mengamalkan 2 Thoriqoh tersebut dengan bersamaan.
Adapun sanad Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah
beliau adalah =KH Munawwir (w 2001 M)
dari – KH Amnan Talok Ngawi (w 1948 M) dari – KH Imam Musthofa Tegalarum (w 1930 M) Dari – KH
Minhaj Kebonsari Tugu Trenggalek (w 1914 M) dari – KH
Sholeh Kutoharjo Purworejo dari – Sayyid Sulaiman Zuhdi Jabal Qubais Mekah dari-Sayyid Isma’il Burwis dari-Sayyid Afandi Qorin dari-Sayyid Abdullah
Afandi Makin dari-Sayyid Maulana Kholid Al Baghdadi dari-Sayyid Abdullah
Addahlawi dari-Sayyid Habibullah Syamsuddin dari-Sayyid Nur Muhammad Al Budwani
dari- Sayyid Muhammad Ma’sum dari -Sayyid Ahmad Al Faruqi dari -Sayyid
Muayyiduddin Muhammad Al Baqi dari -Sayyid Muhammad Al Khowajiki dari -Sayyid Darwis
As Samarqondi dari -Sayyid Muhammad Zahid dari-Sayyid ‘Ubaidillah Al Ahrori
dari- Sayyid Ya’qub Al Jurkhi dari- Sayyid ‘Alauddin Al ‘Atori dari- Wali Agung Sayyid Syekh Bahauddin
An-Naqsyabandi (1317 – 1391 M)dari- Sayyid Amir Kilal dari-
Sayyid Muhammad Babassamasi dari – Sayyid ‘Ali Ar Romitani dari- Sayyid Mahmud
Anjirfaghuni dari-Sayyid ‘Ali Ar Riwikri dari -Sayyid ‘Abdul Kholiq Al
Ghujdawani dari- Sayyid Yusuf Al Hamdani dari- Sayyid Abi Ali Alfadhol dari-
Sayyid Abil Hasan Al Khorqoni dari- Sayyid Ja’far Shodiq dari -Sayyid Qosim Bin
Muhammad dari -Shohabat Salman Al Farisi dari -Shohabat Abu
Bakar Shiddiq (w 634 M), sampai Rosulullah
S a w
(w 632 M) lalu Malaikat Jibril dari Allah SWT. Beliau
KH Munawwir termasuk urutan sanad ke 39 dari Rosulullah
S a w.
Sedangkan sanad Thoriqoh Qodiriyah Wan-Naqsyabandiyah beliau adalah KH
Munawwir (w 2001 M) dari – KH R Izzuddin
Taman Kota Madiun (w 1979 M) dari – KH Ali Sempu Secang Magelang (w 1964 M)
dari – KH Umar Payaman Magelang dari – KH Zarkasyi Berjan Purworejo (1830 –
1914 M) dari – Syekh Abdul Karim Banten dari – Syekh Khotib Sambas (1802 – 1872
M) dari- Sayyid Syamsuddin dari- Sayyid Muhammad Murod dari- Sayyid ‘Abdul
Fattah dari –Sayyid ‘Usman dari- Sayyid ‘Abdurrohim dari Sayyid Abu Bakar dari-
Sayyid Yahya dari- Sayyid Hisamuddin dari- Sayyid Waliyyuddin dari- Sayyid
Nuruddin dari- Sayyid Syarofuddin dari- Syamsuddin dari- Sayyid Muhammad Hattak
dari- Sayyid ‘Abdul ‘Azis dari - Wali
Qutub Sayyid Syekh Abdul Qodir Jaelani
(1077-1166 M) dari -Sayyid Abi Sa’id Al Mubarok dari- Sayyid
Abil Hasan ‘Ali Al Hukkari dari- Sayyid Abil Farroj At Turtusi dari- Sayyid
‘Abdul Wahid At Tamimi dari- Sayyid Abi Bakar Asy Syibali dari- Sayyid Abil
Qosim Al Junaidi dari-Sayyid Sirri As Saqoti dari -Sayyid Ma’ruf Al Karkhi
dari- Sayyid Abil Hasan ‘Aliyibni Musa dari Sayyid Musa Al Kadzim dari Sayyid
Ja’far Shodiq dari- Sayyid Muhammad Baqir dari- Sayyid Imam Zainal ‘Abidin
Sayyid Husein Bin Fathimah dari- Shohabat Ali Bin Abi Tholib (w 661 M) sampai Rosulullah S a w (w 632 M) lalu
Malaikat Jibril dari Allah SWT.Kepada Beliau Semua al-Faatihah...
Beliau KH Munawwir termasuk urutan sanad ke 38 dari Rosulullah SAW. Dan menurut salah satu santri
beliau, beliau KH Munawwir juga mengamalkan Thoriqoh Syadziliyah akan tetapi
yang terkenal dan ditonjolkan adalah 2 Thoriqoh tadi yaitu Thoriqoh
Naqsyabandiyah Kholidiyah dan Thoriqoh Qodiriyah Wan-Naqsyabandiyah.
L.
Masa sepuh KH
Munawwir dan wafatnya beliau
Beliau
termasuk Ulama’/Kyai yang oleh Allah diberi umur hampir 1 abad (1 abad kurang
10 tahun) sama dengan Syaikhona Kholil Bangkalan namun beda tahunnya (1835-1925
M), disaat saat sepuh beliau kira-kira tahun 1986 M beliau gerah dan oleh Allah Swt
diberi suatu ujian lumpuh meskipun ada yang mengatakan beliau tidak lumpuh,
hanya karena sepuh saja beliau naik kursi roda, kami kira, 2 pendapat ini
hampir sama dan bisa disimpulkan bahwasanya beliau di masa sepuhnya berada di
kursi roda ketika hendak tinda’an
kemana-mana. Beliau lebih dulu ditinggal wafat oleh menantu beliau yaitu Kyai
Ma’ruf Kholil Sedan Kemlokolegi
yang wafat pada tahun 1990 M, yang diteruskan oleh wafatnya istri tercinta
beliau Nyai Siti Aminah yang wafat pada tahun 1995 M yang diteruskan dengan
wafatnya putra kedua beliau yaitu KH Abdullah
khanafi Munawwir Jember yang wafat pada tahun 1996 M, dan disusul putra pertama
beliau KH Imam Syafi’i Munawwir Tegalarum yang wafat pada tahun 1998 M. juga
disusul wafatnya menantu beliau KH Khamzani Tegalarum yang wafat pada tahun
1999 M. meskipun dalam keadaan sepuh dan berada di kursi roda beliau tetap
beraktivitas dan eksis seperti biasa sebagai Ulama’, sebagai Imam Jama’ah,
sebagai Mursyid yang mendidik para murid-muridnya dan keluarganya, dan beliau
tetap bershilaturrohim kepada keluarga, para ulama’
dan kepada murid-murid beliau, sampai saat yang dinanti-nanti oleh kekasih
Allah untuk bertemu dan Sowan kepada Allah Swt, akhirnya beliau Wafat dengan Husnul
Khotimah pada Senin Pon 28 Agustus 2001 M /1 Jumadil Akhir 1422 H dalam umur 90
tahun, dan beliau di Maqomkan di Maqom keluarga di timur Masjid Al Musthofa
bersandingan dengan Maqom Nyai Siti Aminah dan beserta Ayah beliau (KH Imam
Mustofa beserta 4 istrinya), juga beserta para Dzurriyah dari KH Imam Musthofa.Semoga semua amal ibadah beliau diterima oleh Allah Swt dan diampuni segala dosa beliau
dan dimasukkan dan selalu dalam naungan ridho dan rohmat Allah Swt di dalam
SurgaNya yang penuh dengan keni’matan. Amiin Amiin Amiin. Kepada
beliau beserta keluarga Lahumul Faatihah…
M.
Sebagian Karomah
/ Kelebihan beliau
Ø Beliau
ketika mondok di Krapyak berteman dengan KH Sulaiman Zuhdi Kemaduh Baron
Nganjuk (yang kelak menjadi adik ipar beliau), dan KH Sulaiman Zuhdi menaruh
sungkan/hormat kepada KH Munawwir meskipun usia KH Munawwir lebih muda dari KH
Sulaiman Zuhdi, KH Sulaiman Zuhdi tetap sungkan
Ø Suatu
ketika /waktu terjatuh tengkurap dan ditolong oleh seseorang dan orang yang
menolong KH Munawwir tersebut membersihkan tutuk/mulut KH Munawwir
ternyata didalam tutuk beliau ada sebuah lautan yang luas
Ø Salah
satu santri dari Tulungagung ketika mengaji kitab kepada KH Munawwir kalau
tidak salah kitab tanwirul qulub dan KH Munawwir membaca kitab tersebut tanpa
menggunakan tarkib yang benar, santri tersebut setelah
pengajian menggerutu dalam hati “kok Mbah Yai ngajine
salah kabeh”, lalu malam harinya santri dari Tulungagung
tersebut dipanggil oleh KH Munawwir disuruh untuk memijat lalu KH Munawwir
mendadak dawuh “wong nahwu sorof kwi mek umpomo seng penting isine” seketika
santri Tulungagung itu malu
Ø Cerita
ini bersumber dari santri asal Mojokerto, pernah
suatu saat santri mojokerto tadi bersama KH Munawwir diajak
ziaroh ke KH Munawwir Krapyak, ketika dalam
perjalanan dalam benak santri Mojokerto tadi
terucap “kalau Mbah yai Munawwir sudah
tidak ada/wafat alah aku tidak usah ziarah kesini lagi” serentak KH Munawwir
langsung dawuh “meski aku ora enek yo panggah ziaraho rene” (meskipun aku tiada tetaplah ziarah kesini)
Ø Ketika
ada tamu yang berniat aneh-aneh dan berniat buruk KH Munawwir mengetahuinya
Ø seorang
santri dari gresik yang sering
menggendong KH. Munawwir dan beliau mengamalkan amalan ilmu-ilmu ghaib,
dan suatu ketika santri ini dipanggil oleh KH. Munawwir dan langsung didawuhi
“Ghaib-ghaib opo thoriqoh iku ghaib” lalu
santri itu dipegang kepalanya
oleh KH. Munawwir kira-kira selama 1 jam dan kepala santri gresik itu terasa
panas.
Ø Cerita
ini bersumber dari salah satu cucu beliau KH. Munawwir sudah menjadi kebiasaan
baliau silaturrohim kepada teman-teman beliau dan kepada para keluarga dan para santri beliau sudah
berkali-kali dinyatakan kalau beliau silaturrohim kepada seseorang selama 3kali
berturut-turut yang disilaturrohim biasanya tidak lama akan meninggal, ketika
itu bertepatan beliau silaturrohim
kepada salah satu cucu beliau selama 3kali berturut-turut dikarenakan juga sang
cucu sudah lama tidak sowan Tegalarum, cucu
itu telah dirawuhi kakeknya selama 3kali berturut-turut merasa was-was dan
tidak tenang karena mengingat kejadian-kejadian yang sudah terjadi ketika
dirawuhi KH. Munawwir selama 3kali,
ternyata ketika rawoh dan ingin pulang,
beliau berpesan kepada putri beliau (ibu dari cucu tersebut)
“omongono
anakmu wiridane kon jangkepi 165” ternyata benar cucu tersebut kalau wiridan
hanya 100kali.
N. Silsilah
keluarga KH.Munawwir Musthofa
KH. Imam
Musthofa (Pondok Al-Musthofa Tegalarum)
·
Dengan Nyai
Mu’innah binti K H. Minhaj Tugu Trenggalek (istri pertama)
mempunyai anak:
1.
Nyai Muti’ah +
KH. Amnan (pondok Al-Amnaniyah Talok
Ngawi)
2.
Kyai Marzuki
(wafat bujang)
3.
Nyai Syamsiyah +
Kyai Syafi’i (Pondok Al-Assafi’iyyah
kalirong
Tarokan Kediri)
4.
KH.Munawwir
+ Nyai Siti Aminah
(pondok Al- Musthofa
Tegalarum)
5.
Kyai Abdul
Mukhid + Siti Aminah
(pulorejo Bareng Nganjuk)
6.
Nyai latifah(w
1972 M) + KH. Sibawaih (w 1965 M) (pondok Al-Muslihun
Tlogo
kanigoro
Blitar)
7.
Nyai Qomariyah +
Bpk. Suradi (Termas Baron Nganjuk)
+ KH Sulaiman Zuhdi (Pondok
kemaduh Baron Nganjuk)
·
Dengan Nyai
Adzilah (istri kedua) mempunyai anak:
1.
Nyai Muntamah
+ kyai Mursyahid
(Mekikis Purwoasari Kediri)
2.
Nyai Bayyinah
+ H.umar(Tegalarum Kertosono)
+ Kyai Mahmud (Tegalarum Kertosono)
+ Bpk Sayuti
3.
Nyai Masfufah
+ Kyai Juwari (Lambang kuning Kertosono)
·
Dengan Nyai
Ukasah (istri ketiga) mempunyai anak:
1.
Kyai A.Waris
(wafat bujang)
2.
KH.Masduqi
+ Nyai Siti Muthmainnah (Pondok Al-Amin Ambulu Jember)
3.
Nyai Siti Purnomo
+ Bpk. Imam Adro’i (Padasan Baron Nganjuk)
4.
Nyai Siti Alfiah
+ H. Kusnan (Pondok Ulumul Qur’an Sulur Jogomerto Baron Nganjuk)
·
Dengan Legiyem
(istri keempat) mempunyai anak:
1.
Nyai Turiyyah +
Kyai Murrokim (Braan Bandar Kedungmulyo
Jombang)
2.
Nyai Siti Na’immatun
+ H. Toha Siroj (Ampel Wuluhan Jembar)
3.
K H.
Amanu + Nyai Tuminatun (istri pertama) (sabrang jember)
+ Nyai Masrifah
(istri kedua) (Sabrang Jember)
+ Nyai Muthamainnah (istri ketiga)
(Sabrang Jember)
+ Nyai Siti Khotijah (istri keempat)
(Sabrang Jember)
·
Sedangkan Mbah
Yai Munawwir
Musthofa (wafat 2001M)
sendiri menikah dengan Mbah Nyai Siti Aminah (wafat 1995 M) dikaruniai 12 anak
mereka adalah:
1.
KH. Imam Syafi’I
Munawwir(wafat 1998 M) + Nyai Masikah (Pondok
Sumur KuningTegalarum) mempunyai anak:
A. Siti Masrifah + H. Anwar (Glenmore
Banyuwangi)
B. Ahmad Abdul Haq + Niswatul
Muttaqiyyah (Pondok Sumur Kuning Tegalarum)
C.
Khumaidatil khananah + Imam Musthofa (Ngedang Patianrowo
Nganjuk)
D. Ubaydaturroziqoh + M.Ahsin
(Prambon Nganjuk)
E. Tahqiqul Mudzakirin + Luluk Mufidah
(Tegalarum Kertosono)
2. KH.
Abdullah Hanafi Munawwir
(wafat1996 M) +Nyai Salamah
(karanganyar
Kencong Jember) mempunyai anak:
A. Nur Hasan +
Nur Hasanah (Pondok Padomasan Kencong Jember)
B Nur husein +
Mas’udah (Karanganyar Kencong Jember)
C. Nur Khasanah
+ Khumaid (Jember)
D. Syamsul
Mukhanat+ I’in (Karanganyar Kencong Jember)
E. Tkhotimun
Nisa’ + Khumaida (Genteng Banyuwangi)
F.
Umi Azizah + A. Mufid (Jember)
G.Siti
aminah + H. Nur Musthofa (Pondok Ngasor Gumukmas Jember)
3. KH. Abdul Malik
Munawwir
(wafat 2011) + Nyai siti fatimatuzzahro’ (Majlis ta’lim sunan kalijogo lambang
kuning kertosono) mempunyai anak:
A.
Siti Kholifah + M.Nurkholis (selorejo Bagor Nganjuk)
B.
M.Zakariya lutfi + inayatul Atiqoh (lambang kuning)
C.
Musyafa’ Abdul malik (lambang kuning)
D.
Wasilaturrohmah (lambang kuning)
4.
KH. Imam Hambali Munawwir + Nyai Fulanatin (pondok Al-musthofa
Tegalarum kertosono) mempunyai anak:
A.
M.Hasyim + Agustina (pondok Munzalan
mubarokan wonogiri jateng)
B.
M.Muslih + lilik astriani (Tegalarum Kertosono)
C.
M.Syamsul Arifin (Tegalarum Kertosono)
5.
KH. Fathulloh Munawwir + Nyai Rosyidah
( Pondok Al- Munawwiri Puger Jember)
mempunayai anak:
A.
Luqman hakim +
Ari Mardiyyah ( Bayon wuluhan Jember)
B.
Ainun Faricha +
Romadlon (kasian puger Jember)
C.
A’nin Ni’mah +
M.Fahim ( Kasian pujer jember )
6. Nyai
Siti khotijah(wafat 2010 M) + Kyai Khamzani(wafat 1999 M) ( Pondok Al- Musthofa
Tegalarum Kertosono) Mempunyai anak :
A.
Muhyidin (alm)
B. Syamsudin + Sriatun ( Tegalarum Kertosono
)
C. Khozanah + H. Khani ( Bote Tanjung
Kertosono)
D.Imam Nawawi + Faizatul
Khasanah ( Tegalarum Kertosono )
7. Kyai Muzammil ( wafat Bujang )
8. Nyai
Siti Fatimah + Kyai ma’ruf Kholil(wafat 1990 M) ( Sedan Komlokolegi Baron
Nganjuk) mempunyai anak
A. Iftitahiatus Rosidah + M. Barozi (
Pandanarum Nganjuk )
B. M. zulkhal + likah (Plosorejo Kemaduh
Baron Nganjuk )
C.
Mifthakhul Karim + Umi salamah (Sedan Komlokolegi
Nganjuk )
D. Abtolul Bhikar + Sholihatun
( Kuwajon Baron
Nganjuk )
E.
Niswatul Azizah + M. Ridho (Sedan Komlokolegi )
F. Yulia Umi Habibah + Halimi ( Sedan
komlokolegi )
G. Ragil zainab Pertiwi
9. Kyai Abu Bakar ( wafat Bujang )
10. Nyai
Siti Romlah + KH. Abdul
Ghofar(wafat 2006 M) ( Lambang Kuning kertosono ) mempunyai
anak :
A. Nurrohmah + Masduqi
+ Junaidi ( Mojoagung Prambon
Nganjuk )
B. Nikmatul
maunah + Muhson ( Padapan Ngerongot Nganjuk )
C. Durrotun Nasikhin + M.Saifudin ( Waung
Prambon Nganjuk)
D. Maisaroh + Ali ( Pandean Gondang Nganjuk )
E. Luluk
D. Imam Ghozali
11. Nyai
Siti munawwaroh
+ Kyai muhsin ( Pondok Al- Musthofa Tegalarum ) mempunyai anak :
A. Hj. Imroatussolihah + H. Fathurohman ( Pondok panggung T. Agung )
B. Nanang
marzuki
C. Ma’ irrohmah
D. Humamul wasit
E. Nova ali sodikin
12. Nyai Mardhiyyah
(Wafat sebelum Aqil Baligh)
Narasumber:
1.
Romo KH Imam
Hambali Munawwir (Putra ke 4 dan Pengasuh Pondok Al-Musthofa sekarang)
2.
Romo KH
Fathulloh Munawwir (Putra ke 5 dan Pengasuh Pondok Al-Munawiri Kasiyan Puger
Jember)
3.
Nyai Fatimah
Munawwir (Putri ke-8) Sedan Kemeloko Legi Baron Nganjuk
4.
Kyai Muhsin
(Menantu dan menempati Ndalem Mbah Yai Munawwir sekarang) Tegalarum
5.
Kyai Sulaiman
Zuhdi/Mbah Sul (Sepupu) Kebonsari Tugu Trenggalek
6.
Gus Wastiq
Al-Amnani (Cucu Keponakan dan Pengasuh Pondok Al-Amnaniah Talok Ngawi)
7.
Gus Zukhal
Ma’ruf (Cucu) Kemaduh Baron Nganjuk
8.
Gus Achmad Abdul
Haq (Cucu) Pondok Sumur Kuning Tegalarum
9.
KH Faqih Sibaweh
(Keponakan dan Pengasuh Pondok Al-Muslihun Tlogo Blitar)
10. KH
Nur Musthofa (Cucu Menantu dan Pengasuh Pondok Ngasor Gumukmas Jember
11. Kyai
Daroji (Santri dan Juru Kunci Makam Mbah Yai Zakariya) Kerjo Karangan
Trenggalek
12. KH
Sholih Bahruddin (Santri dan Pengasuh Pondok Ngalah Pasuruan)
13. KH
M.Jamaluddin (Santri dan Pengasuh Pondok Al-Munawwir
Sumberpandan Bangsal Mojokerto)
14. Kyai
Ahmad Shodiq (Santri dan Pengasuh Pondok Al-Munawwir Pandansari Ngunut
Tulungagung)
15. KH. Muslim dan Nyai Hj. Masruroh (Murid dan pengasuh Pondok
Darut Taqwa, Beji – Boyolangu – Tulungagung)
16. Kyai
Ahmad Basroni Ibrahim (Pengasuh Pondok Pesulukan Gentengan Ngunut Tuluagung)
17. Bapak
M.Amin (santri) Gresik
18. Bapak
‘Ainur Rofiq Khalim (Santri) Mojokerto
19. Silsilah kyai Ageng M.Besari Tegalsari Ponorogo melalui kyai Ageng Anom Besari Caruban
20. Silsilah Keluarga Besar Bani Imam Musthofa Tegalarum
Kertosono buku 3 Musyafak Abdul Malik dkk, 11 April 2006
21. Kitab Mawahibul Ilahiyyah Likhodimit Thoriqoh An Naqsyabandiyah
Alkholidiyah Syakhina Al Mursyid Al Haj
Munawwir Musthofa Tegalarum Kertosono Nganjuk
v Tambahan
Ø Dawoh
KH Imam Hambali Munawwir Al-Mursyid pada tanggal 22 juni 2013
Assalamualaikum Wr. Wb
“Poro pewaos riwayat Mbah Munawwir puniko kulo
aturi mundut ingkang sae dipun lampahi contohipun
kados istiqomahipun anggenipun Sholat Jama’ah lan
sobaripun, anggenipun Shilaturohmi”
Wassalamualaikum
Wr. Wb
KH. Imam Hambali Munawwir
Ø Perlu
di ingat Haul Mbah yai Munawwir & Mbah
yai Imam Mustofa beserta segenap dzuriyah di laksanakan setiap hari selasa
pahing bulan jumadil akhir pada setiap tahunnya,dan yang menarik adalah sebelum
acara di buka,ada bacaan manaqib Sayyid Syekh Bahauddin An-Naqsyabandi
diteruskan pembukaan pembacaan ayat suci Al qur’an lalu
sambutan dzurriyyah dan pembacaan wasiat Mbah yai
Munawwir untuk para murid di teruskan pembacaan tahlil bersama lalu di
lanjutkan Mauidhotul Hasanah
terus jamaah dzuhur bersama lalu Tawajuhan/ Khushushiah
di lanjutkan istighosah terus musafahah seorang murid kepada sang guru berta
para dzurriyyahnya, disitu terlihatlah khidmah seorang murid kepada sang guru,
diantaranya berupa khidmah maaliyah.Dan juga ketika acara haul para muridin & hadirin yang datang
sebelum menuju tempat acara, Sowan kepada
dzurriyyah terlebih
duhulu terus ziaroh maqom
Mbah yai Imam Musthofa & Mbah yai Munawwir beserta keluarga.
Ø Setiap Hari selasa Pahing di Pondok Al Musthofa diadakan
pengajian kitab kuning yang diteruskan Tawajuhan/ Khushushiah yang bertempat di
Masjid Al Musthofa
Ø Untuk para peziaroh yang hendak ziaroh maqom Mbah yai
Munawwir beserta para keluarga,rutenya mudah di jangkau dari Stasiun Kertosono
ke barat kira-kira kurang dari setengah kilo selatan jalan ada nambor pondok Al-Musthofa
Tegalarum Kertosono .Sedangkan kalau jalur bus jurusan Surabaya-Semarang ada
lampu merah perempatan kertosono belok ke kanan/ke utara terus sampai pasar
kertosono ke arah barat kira-kira kurang dari 2km Selatan jalan ada nambor
pondok Al-Musthofa Tegalarum kertosono.
v Penutup:
Dari
kami pribadi banyak kesalahan minta ma’af sebesar-besarnya kepada Allah SWT
tentang segala kekurangan/kesalahan pada biografi ini dan khususnya kami minta
ma’af kepada segenap Dzurriyyah Mbah yai Munawwir Musthofa, juga Dzurriyyah
Mbah yai Ali Shodiq Umman apabila dalam tulisan ini banyak kesalahan karena
kekurangan dan minimnya informasi yang kami peroleh dan khususnya kepada Romo
KH.Imam Hambali Munawwir Almursyid yang telah merestui untuk penulisan Biografi ini,
pada tanggal 22 juni 2013 M, meskipun baru pada awal tahun 2015 M ini kami selesai
menyusunnya alhamdulillaah, dan yang telah memberikan banyak informasi tentang
biografi Mbah yai Munawwir, kepada beliau
kami haturkan banyak terima
kasih dan juga kami minta ma’af atas segala kekurangan,juga ucapan terima
kasih kami haturkan kepada segenap narasumber yang
telah memberikan informasi ,kebenaran semata-mata hanya dari Allah SWT.Semoga
kita semua dapat mengambil
manfa’at dan Uswatun Hasanah
dari Biografi singkat ini, semua kesalahan kami minta ma’af.
08 -02-2015
M.
Wassalamualaikum
wr.wb.
Oleh : M. Misbahul Ulum
”
Santri Tegalarum Ngunut”
Sumberpandan